Pengaruh Brand Image, Perceived Of Service Quality, dan Trust Terhadap Minat Kunjungan Pasien Rawat Jalan di UPT Puskesmas Sale Rembang Jawa Tengah
DOI:
https://doi.org/10.52644/joeb.v12i6.1288Keywords:
citra merek, kualitas pelayanan, dan kepercayaanAbstract
Puskesmas sebagai fasiltas layanan kesehatan yang mengemban peran dalam membangun perilaku hidup sehat masyarakat, harus terus meningkatkan fasilitas rawat jalan yang bertujuan untuk mengamati, mendiagnosis, mengobati, merehabilitasi, dan melayanani kesehatan masyarakat. Namun berdasarkan data pada tahun 2020 hingga 2022, jumlah kunjungan pasien rawat jalan di UPT. Puskesmas Sale mengalami penurunan. Perilaku putusan masyarakat dalam memanfaatkan fasilitas kesehatan dapat distimulasi oleh citra merk (brand image), persepsi kualitas pelayanan serta kepercayaan pasien terhadap layanan kesehatan tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh brand image, perceived of service quality, dan trust terhadap minat kunjungan pasien rawat jalan di UPT Puskesmas Sale. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta aktif BPJS Kesehatan yang terdaftar di UPT. Puskesmas Sale yang berjumlah 21.971, teknik sampling yang digunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 100 orang. Pendekatan dalam penelitian adalah concurrent mixed methods. Instrumen penelitian meliputi kuesioner dan wawancara. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas dan normalitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan jika brand image memiliki pengaruh positif terhadap minat berkunjung pasien, perceived of service quality memiliki pengaruh positif terhadap minat berkunjung pasien, trust memiliki pengaruh positif terhadap minat berkunjung pasien. Selanjutnya brand image, perceived of service quality, dan trust secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat berkunjung pasien.