Pengaruh Reward dan Insentif terhadap Kepuasan Kerja Agen Platinum PT X Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.52644/joeb.v9i1.20Keywords:
Reward, Incentive, Job Satisfaction, Insurance AgentAbstract
Pendahuluan : Keinginan perusahaan atas profesionalisme dan kinerja yang baik dari tenaga kerja erat kaitannya dengan bagaimana suatu perusahaan mampu memberikan penghargaan terhadap tenaga kerja.
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penghargaan dan insentif terhadap kepuasan agen platinum PT X wilayah DKI Jakarta.
Metode : Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan individu untuk unit analisis mereka, menjawab pertanyaan berdasarkan tanggapan dari individu yang termasuk dalam kategori agen platinum di wilayah DKI Jakarta. Jenis data yang digunakan adalah data utama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh agen platinum di wilayah DKI Jakarta yang berjumlah sebanyak 20 orang, yang juga akan dijadikan sampel dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Analisis data mencakup validasi dan uji keandalan. Analisis statistik menggunakan tes regresi linier ganda, koefisien uji penentuan, tes parsial (uji t), dan tes simultan (tes F).
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh hadiah sebagian untuk kepuasan platinum.
Kesimpulan : Secara parsial reward memengaruhi kepuasan kerja agen platinum PT X di wilayah DKI Jakarta terlihat dari uji t yang dilakukan.