Strategi Pemasaran Base Transceiver Station (BTS) Long Range (Lora) PT. Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) Sebagai Konektivitas Perangkat Internet of Things (IOT)

Authors

  • Ilham Majid Rabbani Universitas Telkom
  • Maya Ariyanti Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.52644/joeb.v12i1.149

Keywords:

Strategi Pemasaran, Internet of Things, Jaringan Long Range

Abstract

Internet of Things (IoT) adalah sebuah teknologi revolusi industri 4.0, dimana semua benda yang berada di sekitar kehidupan sehari hari dapat berbicara dengan benda benda lainnya menggunakan sensor serta konektivitas internetnya. Melampaui teknologi sebelumnya, IoT dapat memudahkan kehidupan manusia di berbagai sector industry, seperti kesehatan, keamanan, mitigasi bencana serta hal hal lainnya yang dapat diukur menggunakan system IoT ini. PT. Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) selaku anak perusahaan PT. Telkom. Tbk ditunjuk untuk mengembangkan jaringan berbasis Long Range (LoRa) untuk digunakan sebagai konektivitas perangkat yang menggunakan IoT. Hal ini tentunya diperlukan sebuah susunan strategi pemasaran baru dikarenakan bisnis model Mitratel sebelumnya adalah infrastruktur telekomunikasi, dan LoRa merupakan salah satu jaringan telekomunikasi yang ditujukan untuk konektivitas perangkat IoT.

Downloads

Published

2023-01-19