Pengaruh Promosi dan Kualitas Jaringan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartfren pada Mahasiswa Stie Unisadhuguna
DOI:
https://doi.org/10.52644/joeb.v12i6.1599Keywords:
Kualitas Produk, Promosi, Keputusan PembelianAbstract
Penyedia layanan telekomunikasi bersaing untuk menawarkan produk-produk mereka dilengkapi dengan beragam fitur yang disesuaikan dengan permintaan konsumen, yang memperkuat lanskap persaingan bisnis yang ada. Menurut data survei APJII, pengguna operator Smartfren hanya mencakup 5,32%. Beberapa responden juga memilih operator tertentu karena harga paket internet dan promo yang menarik (26,8%), nomor lamanya sudah lama digunakan (18,4%), kemudahan pembelian paket data (6,5%), dan alasan lainnya (0,8%). Efektivitas promosi merupakan salah satu cara untuk menjadi pemenang dalam persaingan seluler di Indonesia. Mayoritas responden (47,5%) memilih operator seluler berdasarkan ketersediaan sinyal terkuat di daerah tempat tinggal mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menilai apakah kualitas jaringan Smartfren dan strategi promosinya memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian menggunakan 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive random sampling. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dan kualitas jaringan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Smartfren.