Pengaruh Kualitas Pelayanan Promosi Dan Lokasi Terhadap Minat Pengunjung Pada Kebun Binatang Medan Zoo

Authors

  • Deser Putri Esa Zendrato STIM Sukma Medan
  • Nurhayati Nurhayati STIM Sukma Medan

DOI:

https://doi.org/10.52644/joeb.v12i2.179

Keywords:

kualitas pelayanan, promosi, lokasi dan wisatawan

Abstract

Pariwisata adalah sebuah kegiatan pejalanan yang bertujuan untuk rekreasi dan mencari ketenangan diluar wilayah tempat tinggalnya. Pariwisata saat ini merupakan kegiatan yang sangat di gemari oleh sebagian besar kalangan masyarakat di Indonesia. Hal ini dapat kita lihat di sekeliling kita banyak tempat wisata yang baru bermunculan dan bersaing untuk  menawarkan berbagai fasilitas ataupun wahana yang sangat menarik. Keberhasilan sebuah tempat wisata adalah dapat dilihat dari kepuasan pengunjung dimana semakin meningkatnya jumlah pengunjung menunjukkan bahwa tempat ini memang layak untuk dijadikan tempat wisata favorit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan lokasi terhadap minat berkunjung pada kebun binatang medan zoo. Pada penelitian ini sampel yang digunakan ada 100 orang pengunjung. Pengambilan sampel ini menggunakan random sampling yaitu dimana sampel diambil secara acak kepada setiap anggota populasi yang berpartisipasi dalam sampling memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi anggota sampel. Pengambilan data juga dari beberapa sumber seperti internet, artikel dan  buku. Proses pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program (statistical Package for Social (SPSS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan kualitas pelayanan, promosi dan lokasi terhadap minat pengunjung pada Kebun Binatang Medan Zoo

Downloads

Published

2023-03-19