Edukasi Perencanaan Keuangan dalam Program Bulan Inklusi Keuangan Kepada Masyarakat Desa Temajok

Authors

  • Cesy Iola Kariza Universitas Panca Bhakti Pontianak, Indonesia
  • Rianti Ardana Reswari Universitas Panca Bhakti Pontianak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52644/joeb.v12i3.231

Keywords:

inklusi keuangan, literasi keuangan, perencanaan keuangan

Abstract

Pembangunan literasi keuangan bagi masyarakat daerah perbatasan yang mengalami kesulitan akses layanan keuangan merupakan tantangan bagi pemerintah. Literasi dan inklusi keuangan memegang peranan guna mendorong pemulihan ekonomi yang optimal. Minimnya pengetahuan keuangan diakui sebagai salah satu faktor yang berkontribusi terhadap keputusan keuangan yang berisiko. Terdapat sejumlah persoalan ekonomi yang dialami masyarakat pesisir khususnya yang berprofesi sebagai nelayan yaitu ketidakmampuan mengolah sumber daya disebabkan oleh tingkat pendidikan. Kurikulum pada pendidikan yang diperoleh dari sekolah di Desa Temajuk belum mengarah pada pengetahuan pengelolaan keuangan. Penyelenggaraan kegiatan PKM merupakan kolaborasi antara Bank Kalbar dan Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti dalam rangka memperingati Bulan Inklusi Keuangan 2022. Program Pengabdian Masyarakat dilakukan pada masyarakat Desa Temajuk, Kecamatan Paloh di Kabupaten Sambas. Tujuan utama kegiatan adalah membangun pengetahuan literasi keuangan bagi masyarakat perbatasan agar mampu mengelola keuangan keluarga. Materi penyuluhan meliputi pembekalan teoritis perencanaan keuangan yaitu definisi, tujuan serta metode penyusunan anggaran rumah tangga (budgeting) dan diskusi tentang permasalahan yang dihadapi masyarakat Desa Temajuk dalam pengelolaan keuangan.

Downloads

Published

2023-05-26