Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Bangsa Angkatan 2019

Authors

  • Muhamad Nur Safei Universitas Pelita Bangsa, Cikarang, Indonesia
  • Indra Setiawan Universitas Pelita Bangsa, Cikarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52644/joeb.v12i3.248

Keywords:

kualitas pengajaran, lingkungan kampus, gaya atau cara belajar, prestasi belajar mahasiswa

Abstract

Keberhasilan mahasiswa dalam bidang akademik ditandai dengan prestasi akademik yang dicapai, ditunjukkan melalui Indeks Prestasi (IP) maupun Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) serta ketepatan dalam menyelesaikan studi. Penelitian bertujuan untuk mencari data, informasi serta menganalisis mengenai faktor-faktor seperti Kualitas Pengajaran, Lingkungan Kampus dan Gaya atau Cara Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Metode pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling dan pengambilan sampelnya yang memiliki kriteria Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2019, dengan populasi Mahasiswa Manajemen FEB Angkatan 2019, lalu yang menjadi sampel penelitian berjumlah 80 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Untuk pengumpulan data meliputi observasi, angket (kuesioner) dan studi kepustakaan. Metode analisis yang digunakan yaitu Outer Model berupa Convergent Validity, Discriminant Validity, Reliabiloty dan Inner Model berupa R-square, path coefficient. Analisis olah data dilakukan dengan menggunakan Teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS versi 3.0. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kualitas Pengajaran; (2) Lingkungan Kampus tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa; sedangkan (3) Gaya atau Cara Belajar memiliki pengaruh pengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa.

Downloads

Published

2023-06-26