Pengaruh Intellectual Capital, Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan

Authors

  • Kavita Sapna Previdayana STIE PGRI Dewantara Jombang
  • Dwi Ermayanti Susilo STIE PGRI Dewantara Jombang

DOI:

https://doi.org/10.52644/joeb.v12i4.345

Keywords:

Intellectual Capital, Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan

Abstract

Pemegang saham atau investor dapat meningkatkan nilai perusahaan dengan mengharapkan kinerja perusahaan lebih terjamin yang dapat dilihat dari sumber daya manusia, tingkat hutang, tingkat profit maupun kompetitif bagi perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh Intellectual Capital, Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode 2018 hingga 2021. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling, sehingga data yang digunakan 11 perusahaan pada sektor food and baverage sebagai populasi penelitian dan menggunakan metode analisis data dengan alat bantu aplikasi SPSS 29 untuk menganalisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa perusahaan dapat dijelaskan oleh variabel Intellectual Capital (VAIC), Corporate Social Responsibility (CSRDI), Profitabilitas (ROE), Dan Ukuran Perusahaan (SIZE) sebesar 59,2 % sedangkan sisanya sebesar 40,8 % dijelaskan oleh variabel lain diluar model. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang menunjukan bahwa Intellectual Capital (VAIC) dan Corporate Social Responsibility (CSRDI) berpengaruh signifikan , sedangkan Profitabilitas (ROE) dan Ukuran Perusahaan (SIZE) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV).

Downloads

Published

2023-07-26