Pengaruh Citra Merek dan Diskon Terhadap Minat Beli Konsumen Kecap Ikan Royal Gold Fish Produk PT. Dua Berlian di DKI Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.52644/joeb.v10i2.66Keywords:
Citra merek, diskon, dan pembelian konsumenAbstract
Pendahuluan: Penjualan merupakan bagian paling penting dalam setiap perusaahaan karena penjualan merupakan penunjang keberlangsungan perusahaan itu sendiri Oleh karna itu pemasaran yang dilakukan perusahaan harus sangat diperhatikan.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh Brand Image dan Diskon terhadap Minat Pembelian Konsumen Produk Saus Ikan Emas Kerajaan PT. Dua berlian di DKI Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada April 2021 melalui bantuan google form (online quetionnaire). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di DKI Jakarta. Sampling menggunakan teknik puposive sampling. Penelitian ini diperoleh melalui quetionnaire online kepada 100 responden.
Metode: Metode pengujian instrumen yang digunakan adalah validitas dan pengujian abilitas. Teknik analis data yang digunakan adalah kuantitatif desciptive, analisis regresi berganda, tes t, tes F dan koefisien penentuan.
Hasil: Hasilnya menunjukkan bahwa citra merek memiliki efek positif dan signifikan pada interst pembelian konsumen, sementara diskon memiliki efek positif dan tidak signifikan pada minat pembelian konsumen.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil analisis regresi berganda mengatakan bahwa nilai koefisien regresi citra merek (X1) terhadap minat beli konsumen (Y) sebesar 0,759 artinya citra merek (X1) memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 0,759 terhadap minat beli konsumen (Y). Berdasarkan hasil uji t (parsial) diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 10,973 pada variabel citra merek (X1) dengan tingkat signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,759 dengan tanda positif. Artinya variabel citra merek (X1) memiliki hubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli konsumen (Y).