Pengaruh Digital Marketing dan Word Of Mouth Terhadap Brand Awareness Toko Retail Olahraga sportaways.com Depok Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.52644/joeb.v10i2.67Keywords:
Pemasaran Digital, Dari mulut ke mulut, dan Kesadaran MerekAbstract
Pendahuluan: Brand awareness sangat penting dalam sebuah bisnis, karena dapat mengukur kemampuan konsumen untuk mengenali atau mengingat suatu merek. Beberapa faktor dapat menjadi penentu keberhasilan dalam menciptakan brand awareness.
Tujuan: Dalam penelitian ini, faktor-faktor yang dapat dikatakan mempengaruhi kesadaran merek adalah pemasaran digital dan dari mulut ke mulut.
Metode: Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah konsumen atau pengikut Sportaways.com sebanyak 100 responden menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan sampel menggunakan metode sampling non-probabilitas, yaitu purposive sampling. Data dikumpulkan dengan mendistribusikan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda menggunakan perangkat lunak SPSS 26, dengan hasil yang menunjukkan bahwa, baik sebagian atau bersamaan, variabel pemasaran digital dan promosi dari mulut ke mulut memiliki efek positif dan signifikan pada kesadaran merek.
Hasil: hasil dari peneltian ini adalah membuktikan kebenaran hipotesis bahwa Digital Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Awareness Sportaways.com.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil analisis mengenai pengaruh Digital Marketing dan Word of Mouth terhadap Brand Awareness Sportaways.com, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil dari peneltian ini membuktikan kebenaran hipotesis bahwa Digital Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Awareness Sportaways.com. Hasil dari peneltian ini membuktikan kebenaran hipotesis bahwa Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Awareness Sportaways.com. Besaran pengaruh Digital Marketing dan Word of Mouth terhadap Brand Awareness toko retail olahraga Sportaways.com dapat diketahui melalui koefisien R Square (R2) sebesar 0,738 atau 73,8%. Berdasarkan hasil Uji F dapat diketahui bahwa secara bersama-sama variable independen Digital Marketing (X1) dan Word Of Mouth (X2) yang diteliti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen, yaitu Brand Awareness (Y)