Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas VII Dimensi Gotong Royong Pak an Bp Model Discovery Learning SMPN 3 Ketungau Hulu

Authors

  • Paulus Cuan Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik (STPKat) Santo Fransiskus Asisi Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52644/joeb.v12i5.689

Keywords:

Discovery Learning, Motivasi belajar peserta didik, Hasil belajar

Abstract

Keberhasilan peserta didik dalam belajar ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya adalah motivasi belajar. Setiap peserta didik memiliki motivasi belajar yang berbeda. Perbedaan ini memiliki dampak yang berbeda pula ketika peserta didik mengikuti pelajaran. Ini terjadi juga karena adanya perbedaan kebutuhan peserta didik dalam proses pembelajaran. Perbedaan dalam motivasi belajar siswa menciptakan suatu situasi yang perlu dipahami oleh para guru, dan solusi harus ditemukan untuk mengatasi hal tersebut. Motivasi belajar peserta didik dapat mempengaruhi hasil belajarnya secara langsung. Apabila peserta didik memiliki motivasi belajar yang baik, maka hasil belajar juga akan baik dan jika peserta didik dalam belajar tidak memiliki motivasi yang baik, pasti akan berimbas pada hasil belajar yang kurang baik juga. Maka dari itu diperlukan upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMP Negeri 3 Ketungau Hulu. Rencana aksi yang akan saya lakukan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAK dan BP ialah “Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas VII Dimensi Gotong Royong PAK dan BP Model Discovery Learning SMPN 3 Ketungau Hulu”. Discovery learning adalah model pembelajaran yang mengatur sedemikian rupa sehingga anak memperoleh pengetahuan yang belum diketahuinya itu tidak melalui pemberitahuan, sebagian atau seluruhnya ditemukan sendiri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini ditemukan bahwa dengan motivasi belajar yang meningkat juga mempengaruhi peningkatan prestasi belajar peserta didik dari tindakan siklus I ke tindakan siklus II sebesar 87,5 % yaitu dari 12,5 %. menjadi 100 %. Peningkatan tersebut juga menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning akan mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan akan berdampak meningkatnya prestasi belajar.

Downloads

Published

2023-10-30