Omnichannel Marketing

Authors

  • Reza Suriansha STIE Unisadhuguna Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52644/joeb.v10i2.71

Keywords:

Omnichannel, Literature Review, dan Penerapan Omnichannel

Abstract

Pendahuluan: Perkembangan teknologi membawa berbagai perubahan dalam bidang marketing. Saat ini, konsumen melakukan interaksi melalui saluran ritel dengan menggunakan perangkat gadget untuk menemukan suatu produk, membandingkan harga dan melakukan interaksi pembelian melalui transaksi digital. Hal ini akan memberikan penjual lebih banyak kemungkinan untuk memuaskan keinginan dan harapan konsumen, serta dapat menyesuaikan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Fenomena ini disebut dengan omnichannel yang didasarkan pada konsep multichannel dari World Wide Web, dimana konsumen berevolusi dari multichannel dengan menggunakan saluran yang berbeda secara bersamaan. Studi ini akan membahas mengenai pemahaman omnichannel, pengalaman konsumen menggunakan omnichannel, apa saja tantangan yang dihadapi pemasaran dengan menggunakan omnichannel dan bebrapa perusahaan di Indonesia yang telah menggunakan omnichannel. Studi ini menggunakan literature review yang artinya penulis menghimpun literature-literature yang berupa, jurnal ilmiah, text book, artikel ilmiah dan lain-lain yang berkaitan dengan omnichannel.

Tujuan: Tujuan dari studi ini adalah agar pembaca dapat memahami apa itu omnichannel, baik dari sisi konsumen dan pedagang, serta beberapa perusahaan di Indonesia yang telah menerapkan omnichannel. Diharapkan setelah membaca tulisan ini pembaca dapat memahami dan mengaplikasikan omnichannel dalam proses pemasarannya.

Metode: Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan literarture review yaitu penulis menghimpun literature-literature yang berupa, jurnal ilmiah, text book, artikel ilmiah dan lain-lain yang berkaitan dengan omnichannel.

Hasil: Hasil dari penelitian ini adalah Omnichannel menggunakan konsep click-and-mortar, menggambarkan pengalaman konsumen dalam berbelanja pada sebuah toko yang memiliki toko fisik dan proses penjualan dapat dilakukan secara offline dan online

Kesimpulan: Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa omnichannel merupakan pengembangan secara bertahap dari multichannel. Pada makalah ini telah diklasifikasikan penelitian-penelitian terdahulu yang berkaitan dengan konsep dan definisi omnichannel, pengalaman konsumen terhadap omnichannel, dan tantangan implementasi omnichannel. Selain itu makalah ini juga membahas beberapa implementasi omnichannel di Indonesia. Secara garis besar, omnichannel merupakan penerapan teknologi baru untuk meningkatkan strategi penjualan dengan mengintegrasikan saluran penjualan offline dan saluran penjualan online. Implikasi dari makalah untuk penelitian selanjutnya adalah terkait topik analisis proses bisnis serta pola perilaku konsumen terhadap implementasi omnichannel.

Downloads

Published

2021-12-20