Strategic management model with lens of knowledge management and competitive intelligence

Authors

  • Reza Suriansha Fakultas Pascasarjana Universitas Pakuan Bogor
  • Hendro Sasongko Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Pascasarjana Universitas Pakuan Bogor

DOI:

https://doi.org/10.52644/joeb.v11i1.79

Keywords:

Manajemen Strategis, Manajemen Pengetahuan, Kecerdasan Kompetitif

Abstract

Lingkungan bisnis yang dinamis, bergejolak dan kompleks telah memaksa organisasi masa kini untuk menggunakan informasi dan pengetahuan yang akurat dari lingkungan internal dan eksternal mereka dalam membuat keputusan strategis, operasional dan taktis. Keputusan yang diambil melalui cara ini dapat menghasilkan keunggulan kompetitif berdasarkan sumber daya informasi dan pengetahuan. Inilah sebabnya mengapa abad kedua puluh satu disebut “Abad Pengetahuan” atau “Era Pengetahuan”. Dalam konteks era pengetahuan ini, Peter Drucker, bapak teori manajemen, dengan tepat menggambarkan bahwa baik modal maupun manusia, bahkan sumber daya alam, tidak akan menjadi alat produksi. Sebaliknya itu akan menjadi pengetahuan tambahan yang disajikan dengan teori pandangan berbasis pengetahuan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review pada penelitian-penelitian dalam rentang waktu tahun 2000-2016. Peneliti menggunakan model manajemen strategis Fred David. Untuk mencapai tujuan tersebut, melibatkan pemutakhiran matriks evaluasi internal dan eksternal kunci secara terus menerus, terbentuk pada tahap perencanaan strategis, dan identifikasi faktor internal dan eksternal lainnya yang muncul. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengetahuan dan informasi merupakan sumber daya strategis agar organisasi dapat unggul dan kompetitif.

Downloads

Published

2022-06-20