Pengaruh Mutu Layanan Terhadap Kepercayaan Dimediasi Kepuasan Pasien di RS Telogorejo Semarang
DOI:
https://doi.org/10.52644/joeb.v2i6.856Keywords:
Kualitas pelayanan, kepuasan, dan kepercayaan pasienAbstract
Penelitian dilakukan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap kepercayaan pasien, dimana variasi dari kualitas pelayanan adalah: berwujud, empati, keandalan, keresponsifan dan keyakinan. Variasi dari kepuasan adalah: kualitas pelayanan, faktor emosional, harga, biaya, dan kualitas produk dan jasa, sedangkan variasi kepercayaan pasien adalah: kehandalan, kejujuran, kepedulian, dan kredibilitas. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh pasien yang berkunjung di unit rawat inap Rumah Sakit Telogorejo Semarang dengan rata-rata kunjungan per bulan pada tahun 2020 untuk rawat inap sebanyak 125. Berdasarkan perhitungan rumus slovin diperoleh sampel sejumlah 95 responden. Teknik analisis penelitian ini menggunakan analisis regressi berganda. Penelitian ini dilakukan uji instrumen reliabilitas dan validitas, uji asumsi klasik: normalitas, heteroskedastisitas dan multikolinieritas, serta uji hipotesis melalui uji t, uji kelayakan model melalui uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepercayaan pasien. Arah koefisien regresi positif menunjukkan adanya pengaruh positif kualitas pelayanan terhadap kepercayaan pasien, sehingga hipotesis 1 diterima. Kepuasan berpengaruh positif terhadap kepercayaan pasien. Arah koefisien regresi positif menunjukkan adanya pengaruh positif kepuasan terhadap kepercayaan pasien, sehingga hipotesis 2 diterima.