Pengaruh Ethical Leadership, Despotic Leadership, Narcissistic Leadership, Affective Commitment Terhadap Turnover Intention pada Karyawan PT. Elang Pangarep Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.52644/joeb.v12i6.858Keywords:
Ethical Leadership, Despotic Leadership, Narcissistic Leadership, Affective Commitment, Turnover IntentionAbstract
Perusahaan yang berbasis di sektor perdagangan khususnya dibidang digitalisasi harus dapat mengiktui perkembangan teknologi yang berkembang cepat dengan harapan karyawannya dituntut dapat memaksimalkan keahliannya dalam penggunaan teknologi. Tetapi, tuntutan yang berlebih terhadap karyawan akan berdampak buruk bagi perusahaan karena akan menyebabkan meningkatnya Turnover Intention. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Ethical Leadership, Despotic Leadership, Narcissistic Leadership, dan Affective Commitment terhadap Turnover Intention di PT. Elang Pangarep Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian berupa uji hipotesis untuk membuktikan pengaruh Ethical Leadership, Despotic Leadership, Narcissistic Leadership, dan Affective Commitment terhadap Turnover Intention di PT. Elang Pangarep Indonesia. Data yang digunakan bersifat cross-sectional, dikumpulkan satu kali pada individu sebagai unit analisis, yaitu karyawan dari PT Elang Pangarep Indonesia, PT Elang Pixiu, dan PT Ezy Pulsa, menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara Ethical Leadership, Despotic Leadership, Narcissistic Leadership, dan Affective Commitment terhadap Turnover Intention di PT Elang Pangarep Indonesia dan anak perusahaannya. Implikasi manajerial dari penelitian ini memberikan wawasan kepada PT Elang Pangarep Indonesia untuk terus meningkatkan Ethical Leadership, mengurangi tingkat Despotic dan Narcissistic Leadership, serta mempertahankan Affective Commitment agar dapat mengurangi intensi pergantian karyawan.