Studi Kasus Analisis Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Generasi Z di Lingkungan Komplek Perdagangan
DOI:
https://doi.org/10.52644/joeb.v12i6.1604Keywords:
Generasi Z, Game Online, Motivasi BelajarAbstract
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan memebentuk watak serta peradapan bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yangberiman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Berkembang teknologi yang semakin canggih dan di dukung kemajuan dan kemudah akses internet, tentunya memberikan dampak pengaruh pada perkembangan individu dan komunitas dalam semua aspek. Di era modern tidak di pungkiri perkembangan teknologi semakin pesat. Salah satu produk teknologi yang sangat nyata saat ini adalah internet. Menggunakan internet tentunya segala sesuatu hal informasi dari seluruh belahan dunia dapat diakses dengan mudah. Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi telah merubah basis dari game tradisional menjadi game mobile yang dikenal game online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh game online terhadap motivasi belajar pada generasi Z. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan pengaruh game online (X) berpengaruh signifikan terhadap varibel dependen yaitu motivasi belajar (Y) dimana nilai signifikansi sebesar 0,025 < 0,05. Sehingga dapat disimpulakna bahwa game online berpengaruh terhadap motivasi belajar pada generasi Z di lingkungan komplek Perdagangan, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara, DKI Jakarta.