Pengaruh E – Marketing dan E-Commerce Terhadap Motivasi Pelaku UMKM Pontianak Kota

Authors

  • Mazayatul Mufrihah Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Eko Supriyanto Universitas Tanjungpura
  • Syarif Muhammad Syaifudin Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.52644/joeb.v12i2.206

Keywords:

e – marketing, e-commerce, UMKM

Abstract

Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) telah menghadapi kondisi persaingan pada bidang pemasaran dengan munculnya e-marketing dan penggunaan e- commerce dalam dunia bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perkembangan pemasaran online (e-marketing) dan penggunaan e-commarce pelaku UMKM di Kota Pontianak, (2) motivasi pelaku UMKM. Analisis yang digunakan adalah analisis Regresi Linear Berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku UMKM sedangkan sampelnya adalah probability sampling dengan menggunakan Teknik pengambilan sampel stratified random sampling di 6 kecamatan Kota Pontianak. Hasil penelitian disimpulkan bersama – sama, kedua variabel terbukti secara signifikan mempengaruhi motivasi pelaku UMKM, yakni variabel e-marketing dan e–commerce maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:Pertama, e-marketing berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi pelaku UMKM. Kedua, e-commerce berpengaruh secara signifikan terhadap pelaku UMKM.

Downloads

Published

2023-03-19