Analisis Faktoryang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Beras Khusus Impor PT Sarinah Unit Distribusi Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.52644/joeb.v12i6.1274Keywords:
Harga, Kualitas Pelayanan, Loyalitas PelangganAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi perusahaan yang mengalami penurunan jumlah pelanggan setiap tahunnya. Penurunan jumlah pelanggan ini didasari oleh harga jual beras khusus impor PT SARINAH yang juga mengalami kenaikan harga jual dalam 3 (tiga) tahun terakhir. Maka penelitian ini dibuat untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang membuat pelanggan tidak bekerja sama lagi dan juga untuk merancang strategi apa yang dilakukan perusahaan, terutama strategi untuk memahami kualitas pelayanan yang dilakukan oleh staf PT SARINAH, sehingga perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidup pelanggan. perusahaan dan mampu mempertahankan pelanggan dalam persaingan pangsa pasar yang cukup tinggi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada PT SARINAH baik secara parsial maupun simultan. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu Harga (X1), Kualitas Pelayanan (X2) dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah Loyalitas Pelanggan (Y). Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden, sedangkan data sekunder diperoleh dari beberapa literatur yang relevan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan dan mitra yang pernah melakukan pembelian di PT SARINAH lebih dari dua kali sebanyak 76 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah slovin sampling. Pengujian dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji t, uji f, analisis regresi linier berganda dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan variabel harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT SARINAH.